Skip navigation

Siamang

Sympalangus syndactylus

Famili: Hylobatidae

Ciri-ciri

Siamang merupakan spesies yang terbesar di dalam famili Hylobatidae. Berat badan yang jantan adalah di antara 10 hingga 13 kilogram. Sementara berat yang betina adalah di antara 9 hingga 11 kilogram. Keseluruhan badan spesies ini berwarna hitam serta mempunyai kantong suara di bagian lehernya.

Sebaran

Siamang tersebar di Semenanjung Malaysia dan Sumatera. Di Semenanjung Malaysia sebarannya terdapat di kawasan tengah dan utara.

Habitat

Ia biasanya mendiami kawasan hutan tanah pamah dan juga hutan bukit tetapi biasanya bisa dijumpai di hutan primer.

Perilaku

Siamang biasanya hidup di dalam satu keluarga yang terdiri dari 2 Hingga 3 ekor anak dan diketuai oleh yang jantan. Siamang jantan dewasa lebih gemar bergerak bersendirian. Bunyi yang dikeluarkan oleh spesies ini dapat didengar sehingga melebihi satu kilometer. Bunyi yang dikeluarkan tempat menunjukkan kawasan ini dikuasai oleh satu kumpulan Siamang, dan Siamang dari kelompok yang lain akan dikawal jika memasuki kawasan tersebut. Siamang adalah spesies yang bersifat “territorial”. Makanan utama spesies ini adalah buah-buahan, daun-daun, pucuk-pucuk, mamalia kecil, burung dan telur burung. Selain itu siamang hidup secara monogamus (setia pada pasangannya), sebagian besar masa hidupnya dihabiskan di tajuk pohon (arboreal) dan bergerak dengan bergayutan dari cabang ke cabang lainnya (brankiasi).

Status

Akta 76/72 : Diperlindungi sepenuhnya

CITES : Appendik I



 

https://forestcreator.files.wordpress.com/2009/10/density-and-biomass-estimates-of-gibbons-in-bornean-rainforest-a-comparison-of-techniques.pdf

2 Comments

  1. Good news


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: